Sabtu, 17 November 2012

OPTIKA GEOMETRI

Pengertian Optika Geometri
Opika geometri adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena perambatan cahaya. Pada bab ini kita akan mempelajari hukum-hukum pemantulan dan pembiasan untuk pembentukan bayangan oleh cermin dan lensa.
Cahaya
Indra penglihatan sangat penting bagi kita, karena memberikan sebagian besar informasi mengenai dunia. Hal ini tidak lain karena adanya cahaya yang memasuki mata kita. Bagaimana perilaku cahaya sehingga kita bisa melihat semua yang kita lakukan? Kita melihat benda dengan salah satu dari dua cara: (1) benda sebagai sumber cahaya, seperti bola lampu, berkas api atau bintang, dimana kita melihat cahaya yang langsung dipancarkan dari sumbernya. (2) melihat benda dari cahaya yang dipantulkan benda lain. Pada kasus ini, cahaya bisa berasal dari matahari, cahaya buatan atau api perkemahan.
Model yang mengganggap bahwa cahaya berjalan dengan lintasan berbentuk garis lurus dikenal sebagai model berkas dari cahaya. Menurut model ini, cahaya mencapai mata kita dari setiap titik dari benda, walaupun berkas cahaya meninggalkan setiap titik dengan banyak arah, dan biasanya hanya satu kumpulan kecil dari berkas cahaya yang dapat memasuki mata si peneliti.
Bagaimana arah perambatan cahaya: lurus atau berbelok ?
Ketika anda menyorotkan lampu senter di tempat gelap, tampak olehmu cahaya memancar lurus (tidak berbelok). ditunjukkan bagaimana cahaya matahari melalui pepohonan, tampak bahwa cahaya merambat lurus.
Membuktikan
Tujuan :
Membuktikan bahwa cahaya merambat lurus
Alat dan Bahan :
Tiga kertas karton berukuran 20 cm x 20 cm, tiga kayu penjepit dengan panjang 20 cm, sebuah lampu pijar, seutas benang, satu buah paku sedang, palu, papan, atau meja.
Langkah Kerja :
1. Lubangi ketiga karton tepat di pusatnya dengan menggunakan sebuah paku dan palu, kemudian jepit ketiga karton dengan kayu penjepit, sehingga tiap karton dapat berdiri tegak di atas meja
2. Letakkan ketiga karton secara berjajar dengan jarak tertentu di atas meja. Buatlah ketiga lubang pada karton agar terletak segaris. Caranya dengan melewatkan benang melalui ketiga lubang pada pusat karton dan menarik benang hingga tegang.
3. Tanpa menggerakkan karton, secara perlahan tariklah benang itu keluar. Kemudian letakkan sebuah lampu pijar yang bersinar di depan layar karton pertama dan pandanglah lampu pijar ini dengan menempatkan mata kamu di dekat lubang pada karton ke tiga. Dapatkah kamu melihat lampu pijar ?
4. Sekarang geser layar karton ke dua sedikit ke kanan. Dapatkah matamu melihat lampu pijar?
5. Dengan memperhatikan hasil pengamatanmu pada langkah 3 dan 4, apakah kesimpulanmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar