Jumat, 19 Oktober 2012

PANCASILA SEBAGAI SUMBER NILAI

pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan.
1. pancasila sebagai sumber nilai.
a. pengertian nilai pancasila.
    sesuatu dikatakan memiliki nilai atau berharga jika sesuatu itu memberikan manfaat, atau berguna,berfaedah.dengan demikian nilai berarti harga,manfaat,guna,atau faedah. nilai merupakan suatu ukuran, patokan anggapan dan keyakinan yang menjadi panutan orang dan kelompok atau masyarakat tertentu. sedangkan norma merupakan aturan-aturan yang disertai dengan sanksi tertentu untuk mencapai nilai-nilai.
Menurut Notonagoro nilai dibagi dalam tiga kelompok yaitu:
1. nilai materiil, yaitu nilai yang dilihat dari hasil guna dari sesuatu seperti benda bagi manusia.
2. nilai vital, yaitu sesuatu yang berguna bagi manusia, untuk kegiatan aktivitasnya.
3. nilai kerohanian, yaitu segala yang bernilai bagi rohani manusia dan mengandung keberanian,kehidupan,moral, dan relegius.
Menurut G.evereelt nilai dibagi menjadi lima bagian yaitu nilai-nilai ekonomi, nilai-nilai rekreasi,nilsi-nilsi perserikatan, nila-nilai kejasmanian dan nilai-nilai watak. dari kelima bagian nilai tersebut dapat diperinci sebagai ciri-ciri nilai sosial sebagai berikut:
1. hasil interaksi sosial antara warga masyarakat;
2. bukan pembawaan sejak lahir;
3. terbentuk melalui proses belajar;
4. dapat memengaruhi perkembangan pribadi;
5. berhubungan satu sama lain; dan
6. bervariasi antara budaya yang satu dengan yang lai.
b. Nilai-nilai moral dalam pancasila.
    Nilai-nilai moral yang terkandung dalam sila-sila pancasila pada hakikatnya merupakan kesatuan moral bangsa indonesia. pancasila sebagai dasar falsafah negara berarti bahwa moral bangsa telah menjadi moral negara yaitu mengikat negara sekaligus mengandung arti telah menjadi sumber tertib negara dan sumber tertib hukum serta jiwa seluruh kegiatan negara dalam segala aspek kehidupan negara.
pancasila merupakan moral, sekaligus mengandung arti sebagai norma. pancasila sebagai norma terdiri dari lima norma sebagaimana tercantum pada lima sila pancasila. yang memiliki unsur-unsur bersama, sehingga dapat diterima oleh seluruh rakyat indonesia. pancasila sebagai moral mengikat seluruh bangsa indonesia bahkan sebenarnyaseluruh umat manusia karena nila-nilai moral yang terkandung di dalam pancasila bersifat universal.
c. nilai pancasila sebagai dasar negara.
   pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum di indonesia. seluruh peraturan perundang-undangan mulai dari undang-undang dasar, undang-undang,peraturan lainnya harus bersumber kepada pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar