Jumat, 12 Oktober 2012

PENGERTIAN PENCAHAYAAN

Pengertian pencahayaan atau yang biasa juga disebut lighting adalah penataan peralatan cahaya dalam hal ini alat untuk menerangi panggung atau objek untuk mendukung sebuah pementasan.
- secara umum fungsi dari tata cahaya adalah:
1. lighting sebagai penerangan yaitu fungsi pencahayaan hanya sebatas menerangi panggung atau objek beserta unsur-unsurnya sehingga pementasan dapat terlihat.
2. lighting sebagai .............yaitu sebagai unsur artistik pementasan di mana bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan tuntutan naskah.
- Fungsi tata cahaya secara khusus:
1. mengadakan pilihan bagi segala hal yang di perlihatkan yaitu hal yang sangat penting bagi cahay lampu adalah dapat berperan di atas panggung untuk membiarkan penonton dapat melihat dengan enak dan jelas. apa yang terlihat akan bergantung pada sejumlah penerangan, ukuran objek yang resorot cahaya, sejumlah cahaya pantulan objek,kontrasnya dengan latar belakang dan jarak objek dan pengamatnya.
2. mengungkapkan bentuk
    jika sebuah pementasan lakon di soroti dengan cahaya lampu biasa, maka para pemeran,dan peralatan (properti), dan semua bagian dari skenario akan nampak datar atau flat, tidak menarik.
Disini tidak nampak sinar tajam (high-light),tidak ada bayangan , dan monoton.Agar objek yang terkena cahaya nampak dengan bentuk yang wajar, maka penyebaran sinar harus memiliki tinggi-rendah derajat pencahayaan yang memberikan keanekaragaman hasil perbedaan tinggi rendahnya derajat pencahayaan itu.
    Pengungkapan bentuk pada hakikatnya di sempurnakanoleh pencahayaan. sudut datang cahaya dan arah jatuhnya cahaya lampu khusus, harus di ramu bersama dengan hati-hati sehingga menghasilkanpencahayaan yang seimbang hingga ada pembeda antara keremangan dan bayangan. Kontras dan keanekaragaman warna juga merupakan bagian-bagian yang harus dapat di bedakan sehingga dapat memikat perhatian penonton.
3. membuat gambar wajar.
    di dalam fungsi ini juga termasuk cahaya lampu tiruan yang menciptakan gambaran cahaya wajar yang memberi petunjuk terhadap waktu sehari-hari, waktu setempat, dan musim.
4. membuat komposisi.
    membuat komposisi dengan cahaya adalah saam dengan menggunakan cahaya sebagai elemen rancangan.Hal ini terkait dengan kebutuhan skenario, objek mana yang harus di sorot dengan intensitas yang rendah/tinggi hingga berkomposisi bagus, pola-pola bayangan juga harus di perhatikan.
5. menciptakan suasana(hati/jiwa)
    Dengan pengaturan cahaya di harapkan dapat menciptakan suasana termasuk adanya perasaanatau efek kejiwaan yang diciptakan oleh pemeran dengan di dukung oleh cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar